TAG - BLOGQ

JENIS ITIK PEDAGING : KANDANG

Perkandangan Itik

Lokasi peternakan itik sebaiknya tidak dekat dengan perkotaan karena dapat menimbulkan masalah dalam pembuangan limbah. Peternak kecil yang ingin memanfaatkan lahan pekarangannya dapat memelihara itik dalam jumlah kecil dan menjaga kebersihan kandang untuk mengurangi bau yang kurang sedap. Jarak antara kandang dan sumur diusahakan agak jauh untuk mencegah pencemaran.
Kandang itik digunakan untuk beristirahat dimalam hari dan bertelur dipagi hari, sedangkan pada siang hari itik berada dihalaman kandang yang tidak beratap dan dibatasi oleh pagar. Lantai kandang, baik di dalam maupun di halaman dapat dibuat dari tanah atau dari semen. Pemasangan lantai tambahan dari potongan bambu disekitar tempat minum akan sangat membantu mengurangi penyebaran air pada saat minum.
Atap kandang dapat dibuat dari bahan yang sederhana seperti genting atau rumbia. Bentuk atap kandang dapat dikelompokkan menjadi 4 yaitu atap dua muka dengan lubang angin, dua muka tanpa lubang angin, satu muka dengan lubang angin atau satu muka tanpa lubang angin.
Persyaratan Kandang :
1. Temperatur kandang ± 39°C.
2. Kelembaban kandang berkisar antara 60-65%.
3. Penerangan kandang diberikan untuk memudahkan pengaturan kandang agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian kandang.
4. Model kandang menurut umur itik yaitu:
• kandang untuk anak itik umur 1 hari (DOD) pada masa stater bisa disebut juga kandang box, dengan ukuran 1 m2 mampu menampung 50 ekor DOD (Day Old Duck).
• kandang grower (untuk itik remaja) disebut model kandang ren/kandang kelompok dengan kepadatan kandang 6-9 ekor/m2, lantai kandang kelompok ini terbuat dari semen atau tanah yang dipadatkan dengan diberi campuran pasir dan kapur. Kolam air dangkal untuk minum dan membersihkan badan. Pada umur ini bobot badan ideal tidak lebih dari 6,1 kg.
• kandang layer (untuk itik masa bertelur) modelnya bisa berupa kandang baterei (satu atau dua ekor dalam satu kotak) bisa juga berupa kandang kelompok dengan ukuran setiap meter persegi 4-5 ekor itik dewasa (masa bertelur atau untuk 30 ekor itik dewasa dengan ukuran kandang 3 x 2 m).
• Kandang cukup dibuat dari bahan yang sederhana, tidak harus mahal asal tahan lama (kuat). Demikian pula untuk perlengkapan berupa tempat makan, tempat minum dan perlengkapan tambahan lain dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya harus dari bahan yang tahan lama dan disesuaikan dengan umurnya. http://cybex.deptan.go.id

HALAMAN FACEBOOK