TAG - BLOGQ

PREMIX

All About Premix | Print |

Premiks (bahasa latin: premix), dikenal dalam dunia peternakan sebagai bahan tambahan yang dicampurkan dalam pakan untuk meningkatkan jumlah nutrisi yang ada di dalam pakan. Asam amino, vitamin dan mineral adalah beberapa nutrisi yang sering terkandung di dalam premiks. Pemakaiannya yang sedemikian meluas dikarenakan beberapa manfaat antara lain :
1.   Mengoptimalkan produktivitas ayam
Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa premiks akan menambah jumlah nutrisi yang terkandung di dalam ransum. Tujuannya ialah meningkatkan asupan nutrisi agar ayam mencapai kondisi optimal. Dengan demikian diharapkan :
  1. daya tahan tubuh lebih baik
  2. menekan stres misalnya saat pindah kandang, vaksinasi, pengobatan, chick in atau saat potong paruh
  3. meningkatkan pertambahan berat badan
  4. meningkatkan jumlah telur lebih banyak dan kualitasnya lebih baik
Beberapa contoh nutrisi yang terkandung di dalam premiks ialah vitamin A, C dan E yang digunakan untuk memperbaiki daya tahan tubuh. Kemudian ada vitamin B kompleks untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Asam amino seperti methionin dan lisin memiliki multifungsi, salah satunya, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi telur. Mineral dalam premiks bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang ayam serta meningkatkan kualitas telur.

2.   Back up kehilangan nutrisi saat penyimpanan ransum
Sebagaimana diketahui bahwa nutrisi (terutama vitamin) sangat rentan terhadap perubahan lingkungan seperti pH, suhu, cahaya matahari dan sebagainya. Kelemahan ini bisa semakin mudah terjadi bila penanganan ransum kurang baik misalnya gudang lembab, ransum kontak langsung dengan lantai (tanpa alas), atap gudang bocor sehingga ransum terkena percikan air dan sebagainya. Untuk mengganti nutrisi yang telah hilang tersebut, diberikanlah premiks.
Berikan alas (sisi kiri) untuk menekan kerusakan nutrisi dalam ransum.
Hindari meletakkan ransum tanpa alas (sisi kanan) karena dapat menurunkan kualitas ransum
(Sumber : Dok. Medion)

3. Memperbaiki konversi ransum
Adanya kecukupan nutrisi mikro esensial seperti asam amino, vitamin, mineral dalam asupan ransum akan menjadikan fungsi metabolisme tubuh optimal. Dengan kata lain, jumlah ransum yang sama akan memberikan lebih banyak nutrisi untuk dimanfaatkan oleh ayam sehingga FCR (feed conversion ratio/ konversi ransum) ayam menjadi lebih kecil (lebih baik,red). FCR yang semakin baik ini bisa diartikan ayam makin efisien sehingga biaya produksi juga bisa ditekan. Efisiensi dalam hal ransum menjadi semakin penting karena ransum merupakan biaya terbesar operasional peternakan (mencapai +70% biaya operasional).

Dosis Premiks
Penambahan premiks harus disesuaikan dengan kondisi ayam baik tingkat produktivitas maupun kondisi lingkungannya. Setidaknya ada 4 level suplementasi premiks yaitu defisiensi, suboptimum (standar), optimum dan berlebihan. Suplementasi premiks hendaknya pada level optimum yaitu asupan premiks sedikit di atas level kebutuhan standar. Hal ini bermanfaat saat ayam berada dalam kondisi yang tidak nyaman (ada gangguan,red) seperti saat heat stress, ayam masih memiliki caangan nutrisi untuk menekan efek negatif dari stres tersebut sehingga produktivitas ayam tetap optimum.
Suplementasi premiks yang standar hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar ayam (untuk hidup normal,red). Pada peternakan ayam komersial, suplementasi pada level standar kurang menguntungkan karena produktivitas ayam kurang optimal. Sama halnya saat suplementasi premiks dalam kondisi berlebihan karena tidak menguntungkan peternak akibat pengeluaran yang meningkat.

Konsep suplementasi premiks (diadopsi dari konsep suplementasi vitamin)
(Sumber : Lee & Nelson, 2008)

Pencampuran Premiks
Titik kritis dalam pemakaian premiks ialah saat pencampurannya dengan ransum. Biar pelan asal selamat, menjadi pepatah yang bisa dijadikan pedoman. Campuran premiks dengan ransum dalam jumlah sedikit lalu beranjak ke jumlah yang lebih besar dan seterusnya hingga akhirnya seluruh ransum tercampur. Akan lebih baik jika peternakan tersebut sudah memiliki mixer sehingga mempermudah pengadukan. Poin tersebut penting agar ayam mendapatkan premiks dalam jumlah merata sehingga merata pula produktivitasnya. Selain hal di atas, ada baiknya juga Anda menyimpan premiks tersebut dalam tempat yang kering dan tertutup rapat, serta terhindar dari sinar matahari langsung.




By        : Pakan Ikan Madiun
         Sumber : info.medion.co.id
 

HALAMAN FACEBOOK